Mengungkap Era Baru Teknologi Informasi: Transformasi Digital di Dunia Kita

 Pendahuluan Teknologi Informasi (TI) telah menjadi kekuatan pendorong utama perubahan di berbagai aspek kehidupan kita. Di era digital ini,...

Rabu, 18 November 2020

Tugas Laporan Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal Informatika UMS 2020

      Pengalaman Kepemimpinan Pribadi

            Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

            Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tugas laporan kuliah yang saya terima pada saat kuliah online/daring di informatika universitas muhammadiyah surakarta semester 1. Mata kuliahnya yaitu kepemimpinan dan komunikasi interpersonal. Berikut ini adalah tugas kki yang saya buat.


Nama  : Fahreza Rayhan Yudhistira

NIM     : L200200001

Tugas Seorang Pemimpin

            Nama saya Fahreza Rayhan Yudhistira, biasa dipanggil reza atau fahreza, saya berasal dari Kota Salatiga. Saya lahir pada tanggal 5 desember 2001 di Kota Salatiga. Disini saya akan menceritakan bagaimana pengalaman saya menjadi seorang pemimpin.

            Sebenarnya saya tidak memiliki banyak pengalaman menjadi seorang pemimpin, tapi akan saya ceritakan sedikit pengalaman saya menjadi seorang pemimpin. Dimulai dari saya masih bersekolah di sekolah dasar tepatnya di SD Muhammadiyah (plus) Salatiga. Saya sering menjadi ketua dalam sebuah tugas kelompok dan juga kelompok belajar. Sebagai ketua dalam kegiatan tersebut saya diberi amanah oleh guru untuk mengkoordinasikan kelompok, membagi tugas dalam kelompok, mengarahkan anggota dan juga memantau kerja anggota. Saya juga harus mengingatkan kapan deadline pengumpulan tugas tersebut. Belum lagi ada anggota kelompok yang tidak mau mengerjakan tugasnya atau malas malasan dan menunda nunda tugasnya. Karena itu sebagai ketua saya harus tegas dalam mengarahkan anggotanya. Itulah pengalaman pertama saya menjadi seorang pemimpin.

            Begitu pula pada saat memasuki sekolah menengah pertama, saya juga beberapa kali menjadi ketua dalam tugas kelompok. Dan saat memasuki pendidikan SMA saya memilih untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler karate. Disana saya dibimbing dan dilatih bela diri karate oleh pelatih dan juga para senior. Hingga saat taun ketiga saya mengikuti ekstrakulikuler tersebut, saya diberi amanah oleh pelatih untuk menjadi wakil ketua dalam ekstrakulikuler tersebut. Sebagai pengurus ekstrakulikuler tersebut saya harus bisa menyeimbangkan antara belajar dan juga kegiatan organisasi. Saat menjadi wakil ketua ekstrakulikuler ini saya diberi tugas untuk mengarahkan anggota, mengurus dokumen ekskul, menggantikan ketua saat ketua tidak hadir, melatih anggota saat pelatih berhalangan untuk hadir, mendata daftar hadir di setiap pertemuan, dan juga mengurus dokumen anggota yang ingin mengikuti perlombaan. Saat saya menjadi pengurus organisasi ini saya harus bersikap tegas dan juga disiplin. Itulah sedikit cerita pengalaman pribadi saya menjadi seorang pemimpin yang pernah saya alami.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

1 komentar: